Hallo Sobat Belanjadesain, kali ini belanja desain akan sharing tentang elemen penting dalam membangun website ukm Anda. Merancang atau merombak website memang “gampang-gampang susah”, tapi pertimbangan dan perencanaan serta konsep yang matang merupakan hal penting bagi keberhasilan penyampaian pesan website Anda.

Tahapan membuat sebuah website dimulai dari konsep, Konsep yang kuat akan menghasilkan website yang maksimal. Rumuskan tujuan Anda membuat website.

Misalnya, untuk promosi dan jualan produk UKM kita. Dengan mengetahui apa tujuannya akan mempermudah kita menuju proses selanjutnya, yaitu pembuatan desain, develop system, dan lalu online.

Nah agar semuanya berjalan lancar, di tahap pembuatan konsep sebaiknya memperhatikan elemen-elemen penting sebelum berjalan ke proses selanjutnya. Apa sih elemen-elem tersebut? simak ya:

Homepage

Halaman ini sangat penting bagi sebuah website yang berfungsi memberikan kesan pertama di mata visitors. Berdasarkan data Nielsen pengguna sering kali meninggalkan sebuah website setelah 10-20 detik. Oleh karena itu, pastikan kesan pertama website menarik di mata visitors. Pastikan pada halaman homepage, visitors memahami dengan jelas dan tepat produk atau jasa apa yang kita tawarkan. sehingga menggiring mereka untuk melakukan aksi. Pastikan juga mempunyai fitur interaktif dengan Anda, seperti YM (Yahoo Messenger) atau sejenisnya.

Navigasi

Seberapa banyak halaman yang akan kita masukan ke website, pastikan semuanya masuk akal. Gunakan kata-kata atau kalimat yang pendek dan jelas untuk link navigasi. Ketika kita sudah memutuskan seperti apa navigasi yang tepat, pastikan navigasi di semua halaman sama sehingga mempermudah visitors untuk mencari konten. Akan lebih baik rencanakan konstruksi website dengan pertimbangan SEO (Search Engine Optimization).

Layout

Setelah tahu halaman seperti apa yang ingin ditampilkan, kita bisa memulali bagian visualnya. Persiapkan dulu konten website, misalnya gambar, video, pdf, dan sebagainya.

Ketika merencanakan layout yang sangat perlu dipertimbangkan adalah setiap halaman harus memiliki waktu loading yang cepat, mudah dibaca dan memiliki ajakan yang jelas untuk bertindak atau clear call to action (CTA). Intinya, membuat visitors senyaman mungkin selama mengunjungi website dan memperbesar peluang konversi.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah dalam pemilihan font style, warna, dan ukuran. Komponen tersebut bisa memengaruhi keputusan konsumen untuk melakukan tindakan lebih lanjut ke arah pembelian. Ingatlah bahwa, se-keren apapun gambar atau se-indah apapun warna yang ditampilkan, yang paling penting pastikan visitors mudah membaca dan memahami pesan kita. Desain yang “eye catchy” tidak berarti harus penuh dengan warna. Terkadang, tema minimalis dan sederhana justru akan mengundang perhatian banyak pengunjung.

Konten

Bagian ini salah satu yang terpenting dalam website mana pun. Orang-orang tentu ingin tahu apa yang ditawarkan dari sebuah website. Visitors melakukan usaha dan menggunakan waktu mereka untuk membuka halaman demi halaman website kita, maka jangan sampai kecewakan mereka dengan konten yang pesannya tak jelas. Berikan konten yang memberikan solusi bagi visitors.Anda juga bisa menaruh Testimonial untuk lebih meningkatkan kepercayaan pengunjung.

Sosial medial link merupakan pendukung yang dirasa juga sangat penting  bagi pertumbuhan website Anda. Karena anda bisa menjadikan sosial media menjadi media promosi, sosial media juga bisa menjadikan acuan betapa populernya sebuah website tersebut.

Ok Sobat Belanja desain, apakah website Anda sudah mempertimbangkan elemen – elemen di atas? 🙂

Jasa Desain Grafis, Website untuk UKM | belanjadesain.com

Source: www.marketing.co.id dan berbagai sumber