Kali ini Belanjadesain.com akan share tentang pengaruh warna terhadap merek. Warna merupakan komunikasi yang cepat untuk menyampaikan makna dan pesan. Untuk itu penting bagi perusahaan untuk memperhatikan warna dalam usaha branding. Beberapa brand bahkan telah identik dengan warna-warna tertentu seperti Coca Cola yang didominasi warna merah, Pocari Sweat dengan warna birunya, dan banyak contoh lainnya. Pemilihan warna dalam branding adalah salah satu hal yang cukup vital.

University of Valencia dan University of Oxford juga sempat melakukan penelitian mengenai hubungan warna dengan rasa yang disajikan. Mereka menyebutkan, bahwa cokelat panas lebih enak disajikan dengan cangkir berwarna krem atau oranye, ketimbang warna putih maupun merah. Mengejutkan bukan? Padahal tidak ada penambahan atau pengurangan rasa dari cokelat panas yang disajikan.

Begitu juga dengan desain produk, kemasan, atau web pada merek Anda, penentuan warna dominan pada suatu merk menjadi sangat penting. Warna ini sebaiknya muncul pada materi promosi termasuk dalam logo dan kemasan produk. Warna yang dipilih menentukan bagaimana perusahaan dipersepsikan dan lainnya. Ada baiknya kita mengetahui arti dari bebeberapa warna yang sering dipakai.

Brand

Menurut University of Loyola di Maryland, warna dapat meningkatkan pengenalan merek. Warna yang tepat untuk bisnis dapat memaksimalkan potensi penghasilan merek Anda.

  • Merah: Aksi, Petualangan, Agresif, Darah, Bahaya, Drive, Energi, Semangat, Cinta, Gairah, Kekuatan dan Vigor (Logo Redbull, Coca-Cola, Netflix, JKT48, serta PMI)
  • Biru: Otoritas, calm, Confidence, Dignity, kekuatan, kepercayaan, dan loyalitas. (IBM, American Express, serta BCA)
  • Oranye: kebahagiaan, Terjangkau, action, kehangatan, gairah, antusiasme, fun, periang, ringan, semangat tinggi dan muda (Nickelodeon, Fanta Soda, Firefox, serta Pos Indonesia)
  • Hijau: Crisp, lingkungan, segar, Harmony, Kesehatan, Penyembuhan, Uang, Alam, Pembaruan dan Tranquility. ( pegadaian, Animal Planet)
  • Kuning: Perhatian, Ceria, Curiousity, kebahagiaan, optimis, ramah, joy, playful, sunshine dan kehangatan. (McDonald serta Nikon)
  • Pink: romantis,feminin, apresiasi, Floral, Lembut, Innocence. (Victoria Secret, Baskin Robbins, Barbie)
  • Ungu: Upacara, Mahal, Fantasi, Keadilan, Misteri, Kebangsawanan, Regal, Royalti, Kecanggihan dan Spiritualitas. (Hallmark)
  • Coklat: Ketenangan, Kedalaman, Bumi, Alam, Kekasaran, Kekayaan, Kesederhanaan, Serius, Halus, utility dan woodsy (Logo Ups)

Kombinasikan identitas merek dengan warna yang merepresentasikan merek Anda.

Website

Website merupakan toko Anda di dunia online, untuk itu, penting membuat pengunjung terkesima dengan toko serta dagangan yang Anda tampilkan.

Menurut CCICOLOR, seseorang melakukan penilaian alam bawah sadar tentang orang lain, lingkungan, atau produk dalam kurun waktu 90 detik, dan 90% nya dipengaruhi oleh warna. Tidak hanya itu, Color Marketing Group juga menambahkan, 85% pembeli mengutip warna sebagai alasan utama dibalik keputusan mereka membeli sebuah produk.

Lebih baik Anda melakukan pengujian warna pada halaman web berkali – kali sebelum melakukan launching.

Iklan

Warna juga memainkan peran penting dalam iklan yang akan Anda buat. Misal, bila Anda ingin melakukan kampanye sosial, gunakan warna yang menyimbolkan penyakit atau penyebabnya (pink untuk amal kanker payudara, hitam untuk Halloween, dsb)

Warna yang tepat akan membuat posisi merek Anda semakin kuat di pasaran. Bagaimana dengan warna merek Anda?

Belanjadesain.com, solusi desain tepat & hemat :)

Jasa Desain Grafis dan Website untuk UKM | belanjadesain.com

Source: marketing.co.id dan berbagai sumber