Memilih nama domain yang baik untuk bisnis online Anda memang gampang-gampang susah, kadang ada nama yang sesuai tapi sayangnya sudah digunakan oleh orang lain. ya, tentunya musti lebih kreatif untuk mengutak-atik nama domain sebelum Anda membuat website. Karena nama domain website yang baik bisa memberikan dampak yang besar bagi kelangsungan bisnis online Anda.

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Fungsi Domain adalah untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “wikipedia.org”. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Lalu, apa saja yang sebaiknya kita perhatikan di saat akan memilih nama untuk domain? berikut tips memilih nama domain yang baik, simak ya:

Cari Nama Domain yang sesuai dengan jenis usaha Anda
Bila anda membuat sebuah website/ blog untuk tujuan promosi atau menjual produk/ jasa – misalnya menjual produk baju – maka akan lebih baik jika anda memilih nama domain yang berhubungan dengan baju. Contoh, bajubagus.com | jualbaju.com | bajukeren.com dll. Ada baiknya jika Anda melakukan riset kata kunci terlebih dahulu sebelum memilih nama domain, usahakan agar domain anda mengandung kata kunci bisnis anda, memiliki pencarian yang cukup banyak di search engine, dan persaingan kata kuncinya tidak terlalu sulit. Gunakan bantuan Google Adwords: Keyword Tools untuk membantu anda menemukan keyword yang cocok untuk nama domain anda.
Bila anda membuat website/ blog pribadi, maka sebaiknya anda menggunakan nama anda atau nama panggilan anda sebagai domain, misalnya soedarsono.com.

Pilih Nama domain yang tidak terlalu rumit tetapi mudah diingat dan sesuaikan dengan target lokasi.
Misalnya : website tentang kecantikan dengan domain caracantik.com . Domain ini tidak rumit dan mudah diingat. Target lokasi ini maksudnya adalah target pengunjung blog Anda nantinya. Jika target pengunjung hanya lokal (Indonesia) sebaiknya domain menggunakan bahasa indonesia.

Usahakan menggunakan .com
Karena Domain .com adalah Top Level Domain yang paling tinggi. Jika domain yang anda inginkan sudah dipakai, cobalah dengan menggunakan penghubung misalnya cara-sehat.com. Dan jika domain yang anda inginkan benar-benar sudah dipakai, barulah Anda mencoba menggunakan Domain yang lainnya. Dan sesuai dengan dengan isi blog atau web anda.

Hindari menggunakan nama domain yang berbau sara
Anda harap berhati-hati dalam memilih domain, Jangan sampai domain Anda menggunakan kata-kata yang berbau SARA atau sejenisnya. Karena hal ini akan menyebabkan blog atau web anda akan di blacklist oleh mesin pencari yang pada akhirnya akan berakibat buruk pada trafik pengunjung.

Cari domain yang SEO Friendly
Jika domain anda sudah sesuai dengan tema blog atau web anda maka sekarang anda berpikir agar domain anda SEO Friendly karena hal ini akan mempermudah terbacanya blog dan web anda di mesin pencari.

hindari penambahan kata-kata atau karakter yang tidak perlu pada domain anda.

Misalnya penggunaan tanda minus, angka, atau huruf tambahan – ini dapat mempengaruhi kekuatan SEO sebuah situs. Tapi bila memang harus terpaksa menambahkan karakter pada domain, maka sebaiknya anda menggunakan tanda minus (-).

Nah begitulah sobat belanjadesain, kira-kira apa nama yang cocok untuk domain usaha Anda?

Jasa Desain Grafis, Website untuk UKM | belanjadesain.com

Source: dari berbagai sumber